oleh

PWI Sorong Raya Dirikan Koperasi

-Metro-209 views

SORONG-Konferensi Kerja Daerah (Koferda) 1 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sorong Raya tahun 2019, yang diselenggarakan di Aula CWM Sorong, membentuk Koperasi PWI Sorong Raya berserta tata tertib dan program kerja PWI Sorong Raya.

Hasil rapat Koferda 1 PWI Sorong Raya memutuskan, akan membangun Sekertariat PWI Sorong Raya, menhadirkan Sekretariat PWI Sorong Raya sementara, melakukan pendataan ulang terhadap wartawan yang tergabung dalam PWI Sorong Raya. Selain itu, juga disepakati program peningkatan profesi dengan mengadakan pelatihan jurlanlistik terhadap Humas Pemda maupun instansi lainnya.

Program lainnya yaitu leksi atlet Porwanas menghadapi pelaksanaan SIWO tahun 2020 dan menjelang Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020. PWI Sorong Raya juga telah menunjuk Akhmad Murtadho sebagai Ketua Panitia HPN tahun 2020 dan Yohanes Soleh sebagai Sekretaris dan Nirwanaw sebagai bendahara.

Sementara itu, untuk Koperasi PWI Sorong Raya diketuai Rosmini dan sekertaris Olha I. Mulalinda dan Namira Hasmir selaku bendahara yang akan diawasi oleh Tupono selaku Ketua Badan Pengawas dan Lexy Sitanala selaku anggota Badan Pengawas.

Ketua Dewan Penasihat PWI Sorong Raya, Tupono mengatakan, hal ini merupakan momen yang sangat baik, sehingga dirinya berharap PWI Sorong Raya ketika mengadakan Konferda bisa membuat program selama 5 tahun kedepan. “Jadi dibuat dalam rancangan, kemudian dibawa ke Pemerintah Daerah sehingga setiap kali membuat kegiatan tidak harus mengajukan proposal, cukup 1 kali,”katanya, Sabtu (7/12).

Dikatakannya, ini merupakan bentuk agar PWI dapat menjadi organisasi yang baik dan tentunya bantuan tersebut tidak mempengaruhi independensi dari para wartawan. Namun hal ini justru akan menjadi semangat untuk para wartawan.

 Sementara itu, Wakil ketua 1 DPRD Kota Sorong, Melkianus Way, SE, sepaham dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Dewan Penasehat PWI Sorong Raya agar setiap kegiatan PWI Sorong Raya tidak perlu membawa proposal. Disarankannya pada APBD tahun 2021 pengurus PWI Sorong Raya membuat suatu proposal yang akan diberikan dengan tembusan pertama ke Wali Kota Sorong, Ketua Bappeda Kota Sorong dan ketiga untuk DPRD Kota Sorong.

“Sehingga kami mengawal proposal tersebut, karena siapa sih yang tidak mau membantu PWI,  bahkan pejabat siapapun pasti akan membantu PWI,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sorong Raya, Lexy Sitanala menyampaikan aspirasinya untuk pembentukan Koperasi PWI Sorong Raya yang diharapkan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota PWI Sorong Raya.

“Saya apresiasi adanya koperasi, sehingga saya harap semua mitra kerja kami, baik Pemeritah Daerah bisa turut bermitra dan memberikan sedikit bantuan dana kepada PWI Sorong Raya,”jelasnya kepada Radar Sorong.

Hasil Konferda 1 PWI Sorong Raya, sambung Lexy,  yang menjadi perhatian adalah  kegiatan Hari Pers Nasional (HPN), pembangunan sekertaria PWI Sorong Raya dan mendata kembali wartawan yang terdaftar di dalam keanggotaan PWI Sorong Raya.

“Kami terus berupaya untuk itu dan Konferda ini dilakukan secara sederhana namun yang terpenting adalah program kerja dalam rapat ini bisa terlaksana,”ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ketua PWI Provinsi Papua Barat untuk melakukan pencetakan kartu keanggotaan PWI Sorong Raya. Sehingga diharapkan anggota PWI maupun wartawan lainnya yang ada di Sorong Raya tetap solid.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed