oleh

Perwira Koarmada III Ikut Latihan Penegakan Hukum di Laut

-Nasional-1.916 views

JAKARTA – Sejumlah Perwira Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut mengikuti Latihan Penegakan Hukum di Laut bertempat di Seskoal Cipulir Jakarta Selatan, sejak Selasa – Jumat (22-25/10). Sejumlah Perwira tersebut antara lain Kepala Dinas Pembinaan Hukum Koarmada III Kolonel Laut (KH) Ida Kade Sadnyana, SH, MH, dan Komandan Polisi Militer Koarmada III Kolonel Laut (P) Boy Herman Dharmo Kumara, SH.
  Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme serta menyamakan pola pikir dan pola tindak Perwira Penyidik dalam melaksanakan penegakan hukum di laut. Selain itu sebagai upaya meningkatkan kemampuan Perwira Penyidik TNI AL di lapangan dalam melaksanakan tugas penegakan hukum yang merupakan salah satu tugas TNI AL.

Latihan tersebut diikuti sebanyak 110 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Mabesal, Koarmada I, Koarmada II, Koarmada III, Pushidrosal, Kolinlamil, Lantamal I sampai dengan XIV serta Lanal.

Kepala Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, SH, LL.M., Ph.D. saat melaksanakan briefing di hadapan para peserta latihan mengatakan, pelaksanaan latihan penegakan hukum di laut ini merupakan komitmen TNI AL dalam mendukung upaya penghormatan, pemajuan dan  penyamaan  visi,  misi,  persepsi,  pola  sikap  dan tindakan berkaitan dengan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu di laut. 

  Kejadian-kejadian dan pengalaman di berbagai penugasan dapat dijadikan contoh kasus untuk dianalisa dalam latihan ini sebagai pembelajaran dalam menambah wawasan  para peserta latihan.

Profesionalisme Perwira TNI AL dalam melaksanakan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu di laut sangat diperlukan, hal ini dikarenakan semakin kompleksnya permasalahan tindak pidana di laut. “Oleh karena itu, setiap Perwira TNI AL harus mempunyai pemahaman yang komprehensif terhadap hukum nasional dan hukum internasional guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas khususnya yang terkait dengan penyidikan,” tegasnya.
  Pelatihan dengan tema “Diskumal Melaksanakan Latihan Penegakan Hukum di Laut TA 2019 di Jakarta Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” ini menghadirkan narasumber antara lain Kadiskumal, Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Kementerian Luar Negeri RI, dan Kapus Diklat Kejagung RI.(***/akh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed