oleh

2 Oknum Polisi Bakal Disidang Kode Etik

-Manokwari-90 views

MANOKWARI-Dua oknum polisi di Polres Teluk Bintuni diperiksa Bidang Propam (Profesi dan Pengamanan) Polda Papua Barat. Keduanya dilaporkan atas pelanggaran netralitas pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Teluk Bintuni.

  Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, menegaskan, jajarannya tidak akan menutup-nutupi oknum anggota yang melakukan pelanggaran. Kedua oknum anggota Polres Bintuni telah diperiksa Propam.

   ‘’Ada dua anggota kami di Teluk Bintuni yang sementara diperiksa Propam. Kedua anggota ini disinyalir melanggar netralitas Pilkada,’’ ujar Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin, Irwasda, Kombes Pol. Agus Budi Karyawan, Karo Ops Kombes Pol. Tri Armodjo dan Kabid Humas AKBP Adam Erwindi pada konferensi pers, di Aula Arfak Hall Polda Papua Barat, Selasa (29/12/2020).

  Sejak awal, pimpinan Polri telah mengingatkan anggota polisi untuk menjaga netralitas. Sanksi berat akan dijatuhkan bila ada oknum terbuka tidak netral pada Pilkada.

   Pengamanan Pilkada di Kabupaten Teluk Bintuni menjadi atensi tersendiri Polda Papua Barat. Bahkan sejumlah pejabat utama Polda turun langsung ke Bintuni untuk melakukan pemantauan. Karo Ops Polda Papua Barat, Kombes Pol. Tri Atmodjo bahkan sempat terkena lemparan kayu dari pendukung salah satu kandidat.

  Kapolda mengatakan, dua oknum polisi yang tidak netral  bakal diproses lebih lanjut Bidang Propam. Keduanya bakal diseret ke sidang kode etik. ‘’Kedua anggota kami ini akan disidang disiplin. Pimpinan sudah sering ingatkan jaga netralitas, tetapi masih ada oknum-oknum  yang tak mematuhi,’’ tuturnya.

  Selain di Bintuni, Kapolda Papua Barat juga mendapat laporan oknum polisi tak netral di Kaimana.  Namun menurut Kapolda, laporan di Kaimana tak cukup bukti, sehingga laporan tersebut tak dilanjutkan Bidang Propam.

  Secara umum pelaksanaan Pilkada di 9 kabupaten di Provinsi Papua Barat berjalan aman dan lancar. Kapolda berharap masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban termasuk saat sidang sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi hingga pelantikan bupati-wakil bupati nanti.

  ‘’Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang turut menjaga situasi aman selama Pilkada,’’ tambahnya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed