oleh

19 Napi Kabur Saat Ibadah

JAYAPURA – Sebanyak 19 narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Wamena, Minggu (17/1) sekitar pukul 11.00 WIT. Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen mengungkapkan, para napi yang kabur tersebut keluar melalui pintu utama Lapas di sela-sela berlangsungnya ibadah Minggu.  

”Saat akan melarikan diri, mereka sempat mengancam seorang petugas Lapas dengan alat tajam berupa besi yang ditajamkan. Setelah tiba di luar, mereka dijemput mobil Ford Ranger dan langsung melarikan diri,” ungkap Kapolres.

Dikatakan, kaburnya belasan narapidana ini diduga kuat sudah direncanakan, sudah ada dua napi yang mendahului keluar dan mengancam petugas jaga di pos utama, sehingga mempermudah 17 napi lainnya keluar. ”Sepertinya mereka yang melarikan diri ini sudah merencanakan pelarian ini dengan orang luar Lapas, sehingga tepat di Jalan Hom-hom ada satu mobil Ford Ranger warna silver  yang menjemput mereka dan kabur ke arah Muai,” jelas Dominggus Rumaropen.

Dari hasil pengembangan, pihaknya lanjut Kapolres Jayawijaya, telah mengantongi identitas pemilik kendaraan yang digunakan para napi tersebut untuk kabur, yang tidak lain merupakan mantan narapidana Lapas Wamena.  “Kami sudah kantongi beberapa nama, salah satunya pemilik mobil Ford. Itu akan dijadikan referensi pengembangan untuk melakukan pengejaran kepada 19 orang narapidana ini. Bagi warga yang mengetahui keberadaan mereka bisa melapor ke kepolisian melalui aparat kampung atau desa yang ada,” pesan Rumaropen. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed