oleh

183 Napi Peroleh Remisi Khusus

-Metro-55 views

SORONG – Sebanyak 138 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) )Kelas IIB Sorong, mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Kamis (13/5). Pelaksanaan pembacaan SK remisi tersebut untuk wilayah Papua Barat dilaksanakan dengan berpusat di Lapas Kelas IIB Manokwari dan diikuti secara virtual oleh seluruh Lapas se-Papua Barat.

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Sorong Gustaf N.A. Rumaikewi mengatakan, remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah kali ini hanya diterima bagi warga binaan muslim. Demikian halnya ketika Hari Raya Natal, maka warga binaan yang mendapatkan remisi adalah bagi mereka yang merayakannya.

“Remisi khusus juga hanya akan didapatkan bagi warga binaan yang sudah menjalani 2/3 masa tahanan, dan harus memiliki catatan baik selama menjadi warga binaan. Banyaknya remisi yang diterima adalah antara 15 hari sampai dengan 1 bulan lebih 15 hari atau 1,5 bulan,” terangnya.

Dikatakan Gustaf, 3 dari 183 warga binaan yang mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri kali ini dinyatakan langsung bebas. Hanya saja mereka sementara menjalani asimilasi Covid-19, sehingga akan langsung dikirimkan ke Balai Permasyarakatan (Bapas).

“Tiga warga binaan yang mendapatkan program asimilasi Covid-19 dan mendapatkan remisi khusus satu bulan adalah mereka yang di tahun 2020 TMT 2/3 sampai dengan tanggal 31 Desember 2020. Sementara tahun 2021, mereka yang TMT 2/3 sampai dengan 31 Juni 2021,” jelas Gustaf.

Dilanjutkannya, tidak semua warga binaan mendapat kesempatan memperoleh remisi khusus. Pemberian remisi khusus kepada warga binaan merupakan perwujudan dari kemajuan dan perlindungan hak asasi manusia sebagai salah satu sarana hukum yang penting dalam rangka mewujudkan tujuan sistem kemasyarakatan.(ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed