oleh

16 Kampung Persiapan Dapat Rekomendasi Gubernur

KAIMANA – Untuk mempermudah pelayanan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana mendorong adanya pemekaran wilayah, dan  pemekaran kampung. 16 kampung persiapan yang sebelumnya telah diusulkan oleh pemda Kaimana, melalui Bidang Tata Pemerintahan Setda Kaimana, telah mendapat nomor register dan rekomendasi dari Gubernur Papua Barat.

Pengusulan 16 kampung persiapan tersebut  juga berdasarkan  Peraturan Bupati (Perbup) Kaimana Nomor  5 Tahun 2019, tentang Pembentukan Kampung persiapan di wilayah administratif pemerintah kabupaten Kaimana.

“Jadi kampung persiapan yang sudah ditetapkan dengan peraturan Bupati Kaimana itu, kita sudah sampaikan kepada Gubernur Papua Barat melalui Biro Pemerintahan, guna untuk minta nomor register dan rekomendasi. Tahapan sudah dilakukan, sebelum nomor register dan rekomendasinya keluar, telah dilakukan pengecekan,” jelas Kabag Tata Pemerintahan Sekda Kabupaten Kaimana, Fransisco E Beruatwarin, S.STP, MM ketika dikonfirmasi melalui saluran teleponnya, Minggu (15/11).

Dikatakan Edwar, untuk menjadi kampung definitif dibutuhkan waktu yang panjang yaitu 1 sampai 3 tahun sesuai ketetapan regulasi, selain itu setelah mendapatkan nomor register dan rekomendasi dari Gubernur, langkah selanjutnya mejadi kewenagan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Kaimana.

“Setelah nomor register keluar, maka Sekda akan menyurati ke Dinas PMK, karena  tugas selanjutnya ada di teman-reman di Dinas PMK, kebetulan kami yang memfasilitasi surat tersebut dan sekalian kami melakukan kordinasi dengan Pihak Dinas PMK,” ujarnya.

16 Kampung persiapan yang telah ditetapkan melalui Perbup Kaimana yaitu Kampung Futa, Esrotnaba, Warinao, Farayau, Mokuwera, Kewo, Ururu, Sunua, Suriagara, Wer Rut, Namormika Way, Gusimawa, Efara, Dignofa, Wermetie dan kampung Avona. 16 kampung Persiapan ini tersebar di 6 Distrik, Yakni Distrik Kaimana, Kambrauw, Teluk Arguni, Buruway, Teluk Etna dan distrik Yamor. (fat).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed