oleh

15 Wartawan Siap UKW di Fakfak

-Sorong Raya-389 views

KAIMANA – Sebanyak 15 Wartawan dari berbagai media, baik media cetak media online dan media elektronik akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Fakfak. Direncanakan akan berlangsung selama dua hari di Fakfak yakni 12 Desember sampai dengan 14 Desember 2019. UKW ini merupakan periode ke lima, yang diselenggarakan oleh PWI Papua Barat.

“Peserta yang akan mengikuti UKW angkatan ke V PWI Papua Barat, di Kabupaten Fakfak berjumlah 15 orang. Yang terdiri dari 3 kelas, yakni kelas muda, madya dan utama. Untuk kelas muda 6 orang, kelas madya 6 dan kelas utama 3 orang,”Jelas Salmon Sekertaris PWI Cabang Fakfak saat dikonfirmasi, melalui saluran teleponnya Senin (09/12). 

Dikatakan, dari setiap kelas akan diuji oleh seorang penguji yang didatangkan dari Jakarta dan Makassar. Selain itu menurut Wartawan senior ini, UKW yang diselenggarakan oleh PWI Fakfak juga akan dihadiri oleh ketua PWI Papua Barat yakni Bustam. Selain  itu, menurutnya untuk kegiatan UKW merupakan yang kedua kalinya yang dilakukan oleh PWI Fakfak, namun secara keseluruhan untuk PWI Papua Barat sudah lima kali diselenggarakan. 

“Untuk masing – masing kelas, akan diuji oleh satu penguji yang kami datangkan dari Jakarta dan Makassar. Hari Kamis nanti, mereka sudah tiba di Fakfak. Tim penguji ini 2 orang dari Jakarta, dan 1 orang dari Makassar. Kemudian dihadiri ketua PWI Papua Barat,” jelasnya. 

Dalam keterangannya juga Salmon mengatakan, jumlah peserta UKW dari Kabupaten Kaimana berjumlah 4 orang. Sedangkan untuk kabupaten Fakfak, pesertanya 10 orang dan 1 orang merupakan peserta dari Kota Sorong. 

Dirinya juga berharap, dengan adanya UKW ini peserta yang merupakan pekerja Pers dapat lulus uji kompetensi, maka bisa meningkatkan kualitas kerjanya. 

“Karena wartawan wajib memiliki dan mengikuti uji kompetensi bagi setiap wartawan seperti yang diatur dalam Peraturan Dewan Pers, nomor 1 tahun 2018 tentang uji kompetensi,” pungkasnya. (fat) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed