oleh

126 Putra Asli Papua Lolos Seleksi Calon Bintara Noken di Polda PB

MANOKWARI-Sebanyak 126 putra asli Papua lolos seleksi calon Bintara Noken di Polda Papua Barat. Mereka ini telah diberangkatkan menggunakan KM Ciremai ke Jayapura untuk mengikuti program pembinaan dan latihan selama 2 bulan. Kepala Biro SDM (Sumber Daya Manusia) Polda Papua Barat, Kombes Pol Anggie Yulianto Putro mengatakan, setelah mengikuti pembinaan dan latihan, pada bulan November akan resmi mengikuti pendidikan di SPN (Sekolah Polisi Negara) di Jayapura.

‘’Tadi malam mereka sudah berangkat ke Jayapura. Saya mohon doa restu agar putra-putra terbaik ini sehat selalu mengikuti pembinaan dan latihan untuk menuju pendidikan di SPN selama 7 bulan,’’ ujar Karo SDM kepada Radar Sorong di sela-sela Sosialisasi Pendisiplinan Pemakaian Masker, di Perempatan Makalo, Manokwari, Kamis (10/9/2020).

Seleksi calon Bintara Noken dilaksanakan sejak Februari 2020 dan sempat terhambat karena pandemi virus corona (Covid-19). Mereka diseleksi dari 13 kabupaten/kota, pendaftaran secara online. Yang mengikuti seleksi di tingkat Polda Papua Barat sebanyak 722 orang.

Seleksi calon Bintara Noken dikhususkan bagi putra asli Papua, kedua orang tua atau salah satu orang asli Papua. Karo SDM mengatakan, lewat program ini akan lahir polisi-polisi berintegritas dan professional yang berasal dari putra asli Papua.

“Anggota Polri yang berasal dari putra asli Papua merupakan aset yang sangat dibutuhkan untuk mendukung kemajuan dan perkembangan organisasi Polri di masa yang akan datang. Kita doakan 126 putra terbaik ini bisa menyelesaikan pendidikan sampai akhir,’’ harap Anggie Yulianto.

Setiap calon Bintara Noken dituntut memiliki kualitas sesuai persyaratan. Selain itu dari segi kesehatan psikologi jasmani dan mental kepribadian harus baik.

Selain telah menyelesaikan seleksi calon Bintara Noken, Polda Papua Barat saat ini sedang melaksanakan seleksi calon bintara penugasan umum dan Bakomsus (bintara kompotensi khusus). Yang lolos seleksi Bintara tugas umum dan Bamkomsus nantinya akan bergabung dengan calon Bintara Noken mengikuti pendidikan di SPN pada November 2020 nanti.

Polda Papua Barat sedang berupaya mengusulkan tambahan kuota calon bintara umum. Karo SDM berharap Mabes Polri memberi kuota calon bintara umum untuk Polda Papua Barat sebanyak 300-an. ‘’Dan mudah-mudahan kita bisa dapat tambahan kuota dari Polda lain,’’ ucapnya.

Karo SDM meminta para para pemuda yang berminat menjadi anggota polisi untuk mempersiapkan diri sejak awal. Para orang tua dan tokoh masyarakatkan pun dapat memberikan dukungan. ‘’Persiapkan anak-anak kita dari sekarang karena yang gagal tes itu rata-rata kurang persiapan. Agar berhasil harus mempersiapkan diri sejak dini, tidak bisa mencara mendadak. Siapkan diri mulai dari akademik, kesehatan, jasmani, psikologis, itu semua harus dipersiapkan,’’ tandas Karo SDM.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed