oleh

120 Orang Jalani Pengambilan Swab

-Metro-189 views

AIMAS– Setelah melakukan pengambilan sampel swab terhadap 120 orang pada Rabu (27/5) di Gedung PKK Kabupaten Sorong, Kemarin (28/5) Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mengirim 94 sampel ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, sementara 24 sampel lainnya diserahkan ke RSUD Kabupaten Sorong. 

“Ada 120 sampel yang kami ambil, 26 sampel itu untuk yang sudah positif sebelumnya kami kirim ke RSUD Sorong dan 94 sampel lainnya yang dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar,” terang Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong, Ir. Moh Said Noer, M.Si kepada Radar Sorong. 

24 sampel yang dikirim ke RSUD Sorong, mengingat RSUD Sorong telah memiliki alat Tes Cepat Molekuler (TCM) sehingga lebih mempermudah dalam pemeriksaan. Sementara 94 sampel lainnya merupakan sampel yang sebelumnya negatif, keluarga pasien hingga orang-orang yang pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif Covid-19, termasuk tenaga kesehatan dari RSAL Dr. Oetojo, Sele Be Solu dan Pertamina. 

Pengambilan swab yang dilakukan tersebut berjalan cukup lama, mulai dari pagi hingga menjelang pagi kembali. Meski demikian, Tim Satgas Covid-19 tetap melakukan tugas tersebut untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Masyarakat Kabupaten Sorong. “Pengambilan swab tembus sampai pagi, paginya langsung di kirim ke Makassar,” ucap Said Noer. 

Dijelaskan pula oleh Said Noer, dua hari sebelumnya setelah perayaan hari raya Idul Fitri, seluruh pasien Covid-19 yang berada di Gedung PKK, GOW dan DWP menerima kunjungan dari keluarga. Meskipun, kunjungan tersebut melalui aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. 

“Iya, mereka kami izinkan untuk menerima kunjungan, tapi tetap dengan protokol kesehatan, jaraknya yang jauh, tidak kontak langsung, menggunakan masker dan waktunya yang kami batasi, jadi tidak lama-lama,” terangnya. 

Dengan adanya kunjungan tersebut, diharapkan dapat menghibur pasien Covid-19 dan memberi semangat, selain dukungan makanan, vitamin dan perhatian khusus yang diberikan oleh Tim Satgas Kabupaten Sorong. “Kami berikan yang terbaik untuk kesembuhan pasien, makanan yang diperhatikan oleh tim gizi, vitamin dan pemeriksaan dari dokter yang datang 2 kali seminggu,” tandasnya.(nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed