oleh

11 Raperda Usulan Pemkot Diserahkan

-Metro-858 views

SORONG– Pemerintah Kota Sorong menyerahkan 11 poin  Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada DPRD Kota Sorong. Raperda diserahkan Wakil Wali Kota Sorong dr. Hj Pahimah Iskandar dan diterima oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kota Sorong, Selestinus Paundanan SE, kemarin (6/8) untuk selanjutnya dibahas oleh DPRD Kota Sorong, Selasa (6/8).

Penyerahan Raperda ini berlangsung saat Rapat Paripurna VI DPRD Kota Sorong masa sidang tahun 2019 dalam rangka penyerahan materi Raperda tahun 2019 di ruang rapat anggota DPRD Kota Sorong.

 Wakil Wali Kota Sorong, dr. Pahimah Iskandar menyampaikan terima kasih atas apresiasi DPRD Kota Sorong yang telah memberikan respon positif terhadap 11 Raperda yang telah diajukan oleh Pemerintah Kota Sorong yang terdiri dari 4 Raperda baru, 5 Raperda perubahan dan 1 Raperda pencabutan.

“Ini merupakan respon positif dari DPRD yang mencerminkan adanya kerja sama yang baik antara Pemkot dan DPRD Kota Sorong,”terangnya.

Wawali menyebutkan, sebagai pelayan masyarakat, Pemerintah Daerah perlu didukung dengan peraturan daerah yang digunakan sebagai alat legalitas dalam menjalankan setiap kebijakan demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 DPRD Kota Sorong Selestinus Paundanan mengatakan bahwa setelah diserahkan Raperda tersebut, selanjutnya akan dibahas yang disebut sebagai tingkat pertama sedangkan tingkat kedua merupakan pengambilan keputusan.”Jadi ada 11 usulan inisiatif DPRD namun belum bersifat final, karena harus melalui tahapan dulu karena bisa saja diantara 11 poin ini hanya beberapa saja yang disetujui atau bahkan bisa semuanya,”ujarnya.

Sebab hal tersebut merupakan dinamika rapat dan pimpinan akan menanyakan kepada semua anggota DPRD jika disetujui maka bisa menjadi suatu produk Peraturan Daerah.

Berikut 11 poin usulan Raperda Pemerintah Kota Sorong, Raperda tentang Pemberdayaan dan perlindungan pelaku usaha lokal dalam pengembangan ekonomi kerakyatan, Raperda  Penyelenggaraan izin usaha depot air minum, Raperda jalan, Ranperda  penggunaan Jalan, Raperda  Penyelenggaraan keolahragaan. Raperda penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas,  Raperda rencana induk pembangunan pariwisata Malamoi Terintegritasi,  Raperda  tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat Malamoi di Kota Sorong. Raperda tentang tata letak penempatan reklame,  Raperda tentang inovasi daerah dan Raperda tentang pengawasan lalu lintas ternak dan Peredaran bahan asal hewan di Kota Sorong. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed