oleh

10 Prajurit TNI AL Terjaring Operasi Gaktib

-Metro-88 views

SORONG-Sebanyak 10  personel TNI Angkatan Laut (AL) Koarmada III terjaring operasi Penegakan Tata Tertib (Gaktib) dan Disiplin berlalu lintas yang digelar Polisi Militer Komando Armada (POM Koarmada) III di jalan Yos Sudarso Katapop, Kabupaten Sorong, Minggu (18/4).

Nama 10 personel tersebut telah dilaporkan ke Panglima Koarmada III, sebagai pembinaan agar kedepannya lebih disiplin dan tertib.

Menurut Komandan POM Koarmada III, Kolonel Laut (PM) Boy Herman SH, operasi gabungan Gaktib berlalu lintas dilakukan meliputi pemeriksaan kelengkapan diri dan kelengkapan kendaraan bermotor roda dua, diantaranya penggunaan helm, surat izin keluar basis, surat kelengkapan berkendaraan meliputi Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta kelengkapan kendaraan.

“Operasi penegakan dan penertiban yang digelar secara rutin ini guna memberikan rasa aman. Agar setiap prajurit, khususnya Koarmada III yang keluar masuk kesatrian dengan menggunakan kendaraan roda dua selalu melengkapi surat-surat kendaraan serta surat izin keluar kesatuan sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya dalam rilis , kemarin.

Danpom Armada III menambahkan, prajurit  dilarang menggunakan HP saat berkendara. Mengendarai sepeda motor sambil menelepon sangat dilarang. Selain mengancam keselamatan diri sendiri juga membahayakan pengguna jalan lainnya, prajurit harus mengenakan helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pengemudi motor maupun penumpangnya, memasang plat nomor di bagian depan maupun belakang kendaraannya.

Ketentuan ini tercantum dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 68 ayat 1, yang berbunyi setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. (**/juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed