oleh

1 Desember, Manokwari Kondusif

-Manokwari-221 views

MANOKWARI-Kondisi kamtibmas (kemanan dan keteriban masyarakat) di Manokwari pada 1 Desember, Minggu kemarin terjaga. Masyarakat melaksanakan aktivitas seperti biasa. Aparat keamanan tidak mendeteksi adanya kegiatan yang bertentangan dengan keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Namun jelang 1 Jelang, Polda Papua Barat dan Polres jajaran serta TNI meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan kegiatan patroli. Sejak Sabtu malam (30/11/2019) hingga Minggu (1/12) dini hari,  jajaran Kepolisian bersama TNI melaksanakan patroli gabungan skala besar pada malam.

Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Krey kepada wartawan mengatakan, sebelum melaksanakan patroli, personil terlebih dahulu mengikuti apel konsolidasi di GOR Sanggeng Manokwari dengan dipimpin oleh Karo Ops Polda Papua Barat. Diikuti oleh pejabat utama Polda Papua Barat, BKO Brimob Nusantara, personil Polda Papua Barat, Polres Manokwari, serta TNI.

“Jelang 1 Desember seluruh jajaran di Polda Papua Barat melaksanakan siaga dengan didukung oleh TNI melaksanakan giat antisipasi untuk mengamankan kamtibmas,” kata Kabid Humas.

Pantauan Radar Sorong, Minggu pagi hingga sore, aktivitas masyarakat berjalan normal. Umat Kristen melaksanakan ibadah minggu di gereja. Di pihak lain, sejumlah anggota Polisi dan TNI bersiaga di beberapa titik.

Personel Brimob sekitar 1 kompi stand by di eks kantor gubernur di Jalan Pahlawan. Polisi juga disiagakan di Jalan Yos Sudarso Fanindi, di Polsek Amban, di Sanggeng dan lokasi lainnya.

Kapolres Manokwari AKBP Dedy Foury Millewa bersyukur situasi ibukota Provinsi Papua Barat ini pada 1 Desember dalam suasana kondusif. Menurutnya pengaman 1 Desember sebagai langkah awal pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Jadi bagaimana menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif guna mendukung ibadah masyarakat kota Manokwari sebagai Kota Injil. Juga pengamanan kita dukung dari sekarang untuk agenda 5 Februari 2020,” kata Kapolres kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan, situasi Manokwari pada Sabtu hingga Minggu dalam suasana kondusif. Tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan komponen lainnya telah diajak untuk menjaga kedamaian. Masyarakat tidak mudah dipolitisir atau terprovokasi oleh isu-isu separatis yang bisa menimbulkan hal-hal tak diinginkan.

Kapolres mengatakan, hingga Minggu sore tak ada kegiatan yang mengarah pada kegiatan yang bertentangan dengan kedaulatan NKRI. Jajaran Kepolisian akan terus memantau dan personel tetap disiagakan.

Patroli gabungan lanjut mantan Kapolres Fakfak ini akan terus dilaksanakan. Tiap malam digelar patroli melibatakan 1 kompi Brimob, 1 kompil personel Polda, dan 1 kompi personel Polres Manokwari, didukung 1 kompi TNI. “Intinya kita tetap menjaga situasi iklim kondusif,” katanya.(lm

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed