oleh

1 Desember Aksi Bakar-Bakar di Amban

Kota Sorong Kondusif, Pemuda Moi Salurkan Pikiran dan Energy Untuk Hal Positif

MANOKWARI – Ratusan personel Polda Papua Barat, Polres Manokwari dan Sat Brimob disebar di sejumlah lokasi di kota Manokwari mengantisipasi peringatan 1 Desember, kemarin. Aparat Kepolisian juga mengerahkan berbagai jenis kendaraan taktis, mobil barracuda, water canon, mobil pengangkut kawat duri untuk barikade. Pantauan Radar Sorong, personel dan kendaraan taktis (rantis) disiagakan di jembatan Sahara Wirsi, GOR Sanggeng, Pospol Sanggeng dan Polsek Amban, juga terlihat beberapa anggota berkendaraan roda dua siaga di perempatan Makalo.

Suasana di kota Manokwari terpantau aman terkendali. Aktivitas perekonomian maupun transportasi berjalan seperti biasa. Hanya saja di Amban terjadi aksi bakar-bakar di depan pintu gerbang Unipa serta di jalan kompleks perumahan pegawai. Terdapat beberapa warga melakukan aksi, namun tak diketahui aspirasi apa yang disampaikan.

Kabid Humas Polda  Papua Barat, AKBP Adam Erwindi kepada wartawan mengatakan situasi kamtibmas di wilayah Papua Barat terpantau aman terkendali. Tak ada kegiatan yang menonjol pada 1 Desember. Kabid Humas membenarkan bahwa ada pembakaran di depan pintu gerbang Unipa, namun dia belum memastikan apakah terkait kegiatan 1 Desember atau tidak. Personel Polres Manokwari masih mendalami aksi bakar-bakar di ruas jalan ini. 

Di Kota Sorong, kondisi keamanan yang sempat dikhawatirkan akan terganggu pada 1 Desember, nyatanya tidak terjadi. Hal tersebut karena peran masyarakat Kota Sorong dan TNI/Polri yang terus melakukan pengamanan baik di malam hari hingga di pagi hari demi terciptanya Kota Sorong yang aman dan kondusif. Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan,S.IK,MH mengatakan, situasi Kota Sorong yang aman dan kondusif ini berkat peran serta masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Sorong. 

Di tempat berbeda, masyarakat Papua Suku Asli Moi yang berada di RW 01 Kelurahan Giwu lebih memilih melakukan kerja bakti menyongsong perayaan hari Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember 2020 nanti. Ketua RW 01, Salmon Malaseme mengatakan ia maupun masyarakat sekitar merasa senang dan bangga karena adanya pembersihan di lingkungan RW 01 Kelurahan Giwu untuk menyambut Hari perayaan Natal.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat dan saya pun menghimbau umat Kristiani agar menyambut perayaan Natal ini dengan memperhatikan kebersihan lingkungan. Kemudian, kepada masyarakat Kota Sorong agar jaga kesatuan dan persatuan kita dengan baik, jangan terpancing dengan isu yang berkembang,” harapnya seraya menambahkan bahwa jangan ikut terprovokasi dengan hal-hal yang belum tentu benar.

Ketua Pemuda Suku Moi Kelurahan Giwu, Absalom Malaseme mengungkapkan kerja bakti massal yang dilakukan ini melibatkan RT 01 hingga RT 07 pada RW 001 yang bertepatan dengan tanggal 1 Desember, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan kepada tokoh pemuda dan generasi muda lainnya agar menyalurkan tenaga dan energynya untuk suatu hal yang positif bagi bangsa dan negara “Mari memupuk rasa persaudaraan dengan menjalin kerja sama yang baik dan peduli terhadap kemajuan bangsa. Masyarakat Kota Sorong diharapkan dapat menjaga lingkungan masing-masing dan kepada pemuda Moi serta pemuda Papua lainnya mari menjaga tali persaudaraan dan NKRI dengan memupuk kerja sama atau gotong raya agar tercipta masyarakat makmur, beradab dalam bingkai NKRI,” pungkasnya. (lm/juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed