oleh

1.279 Pekerja Alami PHK dan Dirumahkan

-Metro-199 views

AIMAS-Hingga Rabu (13/5) jumlah pekerja yang dirumahkan dan mengalami Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK) di Kota Sorong berjumlah 1.279 orang. Sebanyak 887 orang berasal dari sektor perhotelan, sementara 392 orang berasal dari sektor umum.

“Data yang terkumpul sementara berjumlah 1.279 orang, untuk daftar yang dirumahkan dan di PHK masih tergabung,” terang Mediator Perselisihan Hubungan Industrial Dinas Ketenagakerjaan Kota Sorong, Demianus Howay, S.Sos kepada Radar Sorong.

Diterangkan Demianus, sulitnya pendataan tersebut, dikarenakan saat ini banyak perusahaan yang sebelumnya merumahkan karyawannya, namun mengarahkan ke PHK. Hal tersebut dilakukan beberapa hari terakhir menjelang pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan. “Dari data yang ada ini, awalnya perusahaan hanya merumahkan karyawannya, namun menjelang hari raya justru dilakukan PHK,” jelasnya.

Sebagian dari para pekerja yang menerima PHK hingga Sabtu (16/5) sudah mulai menerima pesangon. Adapun kondisi yang terjadi saat ini, diakui Demianus cukup menarik simpati beberapa pihak untuk memberikan bantuan kepada para pekerja yang dirumahkan ataupun di PHK. 

“Ada beberapa pihak yang langsung membagikan Sembako untuk para pekerja yang di PHK dan dirumahkan,” ucapnya. 

Selain itu,  Disnaker Kota Sorong sendiri telah memberikan data tersebut untuk diserahkan ke Dinas Sosial Kota Sorong dengan harapan, data tersebut disampaikan ke pusat untuk nantinya memperoleh bantuan dari pusat.

Dia menambahkan, kartu prakerja yang sangat dibutuhkan saat kondisi seperti ini, sebelumnya telah disampaikan oleh Disnaker Kota Sorong kepada seluruh HRD dan manajemen perusahaan yang merumahkan ataupun PHK pekerja. Tujuannya agar para pekerja yang dirumahkan ataupun di-PHK dapat mendaftarkan diri secara online untuk memperoleh kartu prakerja tersebut. 

“Yang paling kami harapkan, mereka yang harus dirumahkan ataupun di-PHK ini segera mendaftarkan diri secara online ke Kementerian Ketenagakerjaan untuk memperoleh Kartu Prakerja,” tandasnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed