oleh

Human Error Penyebab Utama Lakalantas di Kaimana

-Sorong Raya-411 views

KAIMANA -Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas), yang terjadi di Kabupaten Kaimana. Baik itu kecelakaan tunggal maupun kecelakaan antar sesama pengendara. Salah satu faktor utamanya adalah karena kelalaian pengendara atau manusianya yang biasa disebut Human error. Bukan saja soal kelalaian pengendaranya, akan tetapi ruas jalan juga menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan.
“Jadi faktor manusia penyebab utama sering terjadinya kecelakaan. Bukan saja soal manusianya, akan tetapi kontruksi jalan juga menjadi penyebabnya. Karena kita ketahui bersama, ada beberapa ruas jalan yang memang kondisinya agak rusak dan kasar. Ditambah lagi karena masyarakat, selaku pengguna jalan tidak hati – hati serta melaju dengan kecepatan tinggi saat melewati jalan – jalan tersebut. Alhasil kendaraan akan goyang, dan terjadilah kecelakaan, ”Kata Kapolres Kaimana, melalui Kasat Lantas Polres Kaimana Iptu. Muhamad Sain, SH kepada Radar Sorong di Ruang kerjanya, Kamis (10/10).
Dikatakan, selain itu juga luas jalan raya sering menjadi penyebab kecelakaan. Karena menurut Kasat, saat ini jumlah kendaraan bermotor di kabupaten kaimana sudah semakin meningkat. Namun menurut lelaki yang pernah bertugas di Polda Papua Barat ini, semua itu bisa dikendalikan jika saja ada kesadaran yang tinggi dari pengguna jalan atau manusianya.
“Disamping itu juga, kemungkinan besar karena faktor jalan yang semakin sempit. Sedangkan volume kendaraan, sudah mulai padat di Kaimana ini. Namun semua ini kembali kepada manusianya lagi, selaku pengendara dan pengguna jalan,”terangnya. Dalam keterangannya juga Kasat mengakui, minuman keras juga bagian yang sering menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Dan berdasarkan data menurutnya kecelakaan yang pengendaranya dibawah pengaruh miras cukup tingggi. “Disamping itu juga, rata – rata yang terlibat kecelakaan karena dipengaruhi oleh miras. Berdasarkan data hampir 85 persen, terjadi Lakalantas pengendaranya dalam keadaan mabuk. Sehingga kami berharap kesadaran masyarakat, untuk menekan serta mengurangi angka kecelakaan ini,”pungkasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed