oleh

BBKSDA Gandeng Mitra Bangun Infrastruktur TWA Sorong

-Metro-99 views

SORONG– Untuk mewujudkan hasil perjanjian kerja sama antara Balai Besar KSDA Papua Barat, PT Pertamina (Persero) RU VII Kasim. PT Petrogas Basin Ltd dan  keluarga besar Malaseme, maka dilakukan pembangunan kandang habituasi burung endemik Papua Barat dan membangun arboretum anggrek di Taman Wisata Alam (TWA) Km 14 Kota Sorong, Selasa (8/10).

Mengawali akan dilakukan pembangunan maka dilakukan upacara Adat adat diakhiri dengan penandatangan kesepakatan dukungan pembangunan infrastruktur di KWA yang menyatakan mendukung penuh seluruh proses pembangunan infrastruktur  yang dilakukan oleh BKSDA Papua Barat, PT Pertamina RUU VII Kasim, PT Petrogas Basin Ltd dan mitra lain di dalam KWA Sorong. Kemudian berkoordinasi dan bekerja sama dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran proses-proses pembangunan infrastruktur di dalam KWA Sorong.

Penantanganan kesepakatan dilakukan oleh Kepala Balai Besar KSDA Papua Barat, R. Basar Manullang, General Manager PT. Pertamina RU VII Kasim, Edi Januari Utama, di paraf oleh perwakilan PT. Petrogas Basin Ltd, Markus Rumaropen selaku Kabag Humas Petrogas, Ketua Lembaga Masyarakat Adat Malamoi, Silas O. Kalami, perwakilan keluarga besar Malaseme Kalaum, Orgenes Malaseme, perwakilan keluarga besar Malaseme Klablim, Atze Malaseme, perwakilan keluarga besar Osok Klablim, Lea Naomi Osok, perwakilan keluarga besar Osok Denio, Yohanis K. Osok berserta Pemda Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Salah satu tua – tua adat, Yustinus Magablo mengatakan, upacara adat yang dilakukan yaitu dengan menaruh kain Timur dan pinang serta sirih untuk memanggil para arwah orang tua atau leluhur termasuk memanggil nama dari tanah dan dimulai dengan doa sehingga ketika proses pembangunan nantinya tidak mendapatkan musibah baik di gigit ular maupun tertindis kayu.

“Jadi ini kami meminta permisi untuk para arwah, supaya mereka yang nanti bekerja jangan mendapat celaka,”pungkasnya.

Pembangunan yang dilakukan untuk menarik minat para wisatawan agar berkunjung ke TWA, Sehingga nantinya akan berdampak baik untuk perputaran ekonomi seperti didirikan café, warung dan sebagainya. 

“Ini sudah kami desain di dalam detail engineering design pengembangan TWA Sorong,” terang Kepala Balai Besar KSDA Papua Barat, R. Basar Manullang kepada wartawan.

Hadir pada kesempatan tersebut Komandan Pasmar 3, Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S. Sos, MM, Assisten I Setda Kota Sorong, Rahman S.STP,  Assiten III Setda Kabupaten Sorong, Klaas Osok, S.Sos, M.Si, tua-tua adat, tokoh masyarakat, Forkopimda dan sejumlah tamu undangan yang hadir. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed