oleh

Lelah Sembunyi, Anggota KKB Menyerah

JAYAPURA – Diduga lelah berjuang dan  bersembunyi dari kejaran  aparat keamanan, Demiron Wonda,  anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Purom Wonda yang selama ini beroperasi di Kabupaten Lanny Jaya, menyerahkan diri dan memilih bergabung dengan NKRI, Sabtu (14/9). Kapolres Puncak Jaya, AKBP Ari Purwanto yang dikonfirmasi dari Jayapura, Sabtu (14/9) mengatakan, Demiron Wonda tanpa dipaksa dan secara sukarela, menyerahan diri ke Mapolres Puncak Jaya. 

Demiron Wonda merupakan anggota KKB pimpinan Purom Wonda yang terlibat penyerangan dan perampasan senjata anggota Polres Tolikara tahun 2012 lalu. “Demiron Wonda  datang ke Mapolres Puncak Jaya dan menyerahkan diri. Dirinya merupakan salah satu anggota KKB pimpinan Purom Wonda yang masuk dalam daftar perncarian orang. Dia juga  terlibat dalam kejadian penembakan dan perampasan senjata milik anggota Polres Tolikara Tahun  2012 lalu,” ungkapnya.

Dikatakan, Demiron Wonda menyerahkan diri setelah Polres Puncak Jaya melakukan pendekatan sejak beberapa bulan terakhir. Setelah melalui pendekatan intensif, Demiron akhirnya memilih kembali ke pangkuan NKRI. “Anggota kita melakukan pendekatan secara intensif  kapada dirinya (Demiron-red), selama beberapa bulan terakhir dan akhirnya secara sadar dan ikhlas ingin kembali kepada NKRI dan membuat pernyataan serta menandatangani surat pernyataan bermaterai,” ujarnya.

Setelah menyerahkan diri, Demiron Wonda berharap agar sepak  terjangnya selama menjadi anggota KKB pimpinan Purom Wenda sejak tahun 2011 lalu, agar diampuni dan status DPO-nya dapat dicabut, sehingga bisa melakukan aktivitas normal seperti masyarakat lainnya di Puncak Jaya.  “Permohonan Demiron Wonda kepada Pak Kapolda agar  kejahatannya bisa diampuni, serta  status DPO-nya dicabut dan diijinkan untuk kembali hidup dan melakukan aktifitas bersama masyarakat di Gurage Puncak Jaya, “  terangnya. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed