oleh

Atribut KNPB Disita, 18 Orang Ditangkap

JAYAPURA – Tim gabungan Polres Jayapura Kota dan Polda Papua, menangkap 18 orang dalam penggrebekan rusunawa dan asrama mahasiswa di lingkungan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Senin (9/9).  Selain menangkap belasan orang, penggerebekan yang dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Albert Rodja  bersama Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, juga mengamankan sejumlah senjata tajam, serta senjata tradisional berupa panah.  

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal kepada wartawan, Selasa (10/9)  mengungkapkan, belasan orang  yang ditangkap tersebut, telah dibawa ke Markas Komando Satuan Brimobda Papua, Jayapura.  Dikatakan, mereka saat ini masih menjalani pemeriksaan di Markas Brimobda Papua terkait aksi unjuk rasa anarkis di Jayapura. “Mereka sudah diamankan di Mako Brimobda Papua. Saat ini mereka masih menjalani pemeriksaan apakah ada keterlibatan dengan unjuk rasa di Jayapura 29 Agustus lalu atau tidak,” ujarnya.

Terpisah, Kasubag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra mengatakan penggeledahan dilaksanakan sejak pagi. Sekitar 300 personel dilibatkan, termasuk anggota BKO Brimob Nusantara.    Sebelumnya, ribuan massa menggelar aksi unjuk rasa susulan di Kota Jayapura. Aksi yang berlangsung pada Kamis (29/8) berlangsung rusuh. Puluhan bangunan, rumah warga, tempat usaha dan kendaraan bermotor ludes dibakar.  Akibat kerusuhan tersebut, jaringan telekomunikasi seluler dan aliran listrik ke rumah pemukiman warga  di Kota Jayapura, terputus. Kondisi ini menyebabkan situasi Kota Jayapura mencekam, bahkan aktivitas perkantoran dan perekonomian lumpuh. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed