oleh

46 Tersangka Kerusuhan Ditahan, 23 DPO

MANOKWARI – Jumlah tersangka  tindak pidana kerusuhan 19 Agustus di Manokwari, Sorong, 21 Agustus di Fakfak, serta Bintuni, terus bertambah. Kapolda  Papua Barat melalui Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Krey membeberkan, hingga Selasa (10/9), total jumlah tersangka 46 orang dan kini ditahan.

Rincian 46 tersangka yang telah ditahan, di Manokwari 30 orang, Kota Sorong 12, Fakfak 3 tersangka dan Bintuni 1 tersangka. Para tersangka merupakan pelaku tindak pidana, pembakaran fasilitas pemerintahan, pengrusakan, penjarahan. Salah satu tersangka di Manokwari tersangkut pembakaran bendera Merah Putih berinisial IW.

Polisi menerima 88 laporan, rinciannya 40 laporan di Polres Manokwari, 23 laporan di  Polres Sorong Kota, 4 LP di Polres Fakfak dan 1 LP di Polres Teluk Bintuni. Polisi juga telah menetapkan sejumlah orang sebagai DPO (daftar pencarian orang). Di Manokwari terdapat 12 DPO dan 11 DPO di Polres Kota Sorong. “Jumlah tersangka masih akan bertambah. Penyidik masih terus melakukan pengembangan. Para tersangka ini melakukan tindak pidana saat terjadi kerusuhan,” ucap Kabid Humas kepada wartawan, di Swiss-belhotel Manokwari, Selasa (10/9).

Polda Papua Barat dibantu Mabes Polri juga gencar menangkal berbagai isu atau berita hoaks bersifat provokatif. Krey mengakui, walau layanan data  internet diblokir, namun hoaks dan berita hasutan masih berseliweran di media sosial.

Krey menuturkan, salah satu  informasi yang dikembangkan pihak berseberangan adalah soal kepulangan sejumlah mahasiswa dari kota studi. Dia meminta  kepada para mahasiswa yang ada di luar Papua tak terpengaruh dengan isu-isu, tetapi fokus dengan penyelesaian studi. “Adek-adek mahasiswa tidak usah terpengaruh, kuliah dan belajar saja. Tidak usah terprovokasi dengan pihak-pihak yang berseberangan,” tuturnya.

Kabid Humas menuturkan, situasi yang berkembang saat ini sengaja untuk ditimbulkan, sebagai agenda meminta perhatian dunia dalam hal ini PBB. “Ini agenda. Mari kita memberikan informasi yang baik bagi kemajuan daerah kita ini,” pungkasnya. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed