oleh

Wakil Bupati Ajak Umat Muslim Mau Berkorban

Untuk Mengisi Kemerdekaan dan Mewujudkan Sorong Selatan Sejahtera

 TEMINABUAN-Wakil Bupati (Wabup) Sorong Selatan (Sorsel) Drs.Martinus Salamuk mengajak umat Islam mau berkorban untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia serta untuk mewujudkan Sorsel sejahtera sesuai visi Kabupaten Sorsel 2016-2021. Mengingat Hari Raya Kurban atau Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriyah jatuh pada 11 Agustus 2019. Bulan Agustus ini merupakan momen peringatan HUT Kabupaten Sorsel ke-16 pada 6 Agustus 2019 dan HUT Kemerdekaan RI ke-74 pada 17 Agustus 2019. Orang yang berkurban pada hakekatnya berikhtiar untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Apa yang telah disampaikan oleh para ulama, ada tiga hal yang harus diperhatikan orang yang berkurban, yakni ketulusan, memberikan yang terbaik dan benar-benar fokus untuk mencari Ridho Allah SWT. Semangat berkurban ini kiranya menjadi pedoman bagi kita semua dalam melaksanakan tugas dengan penuh ketulusan, melaksanakan yang terbaik dan fokus pada tujuan-tujuan utama dan tujuan-tujuan yang mulia. Hal ini diungkapkan Wabup Martinus Salamuk saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Sholat Idul Adha Minggu (11/8) lalu di Lapangan Terbang Teminabuan.

 Lanjut Wabup Martinus Salamuk, berkurban tidaklah sebatas menyembelih hewan dan membagikan daging kurban kepada sesama umat muslim yang membutuhkan. Namun harus lebih dari itu, yaitu tertanam rasa kebersamaan, saling menolong dan kesetiakawanan sosial yang tercermin dalam perilaku sehari-hari umat muslim. Momentum hari raya kurban harus mewarnai semangat berkurban sepanjang tahun, bahkan sepanjang hayat. Kalau semangat ini sudah dibangun mulai dari masing-masing keluarga, maka sebuah kekuatan besar akan terbentuk di tingkat negara dan bangsa. Semangat pengorbanan antara lain mengorbankan ego, minimal mengakui dengan jujur masih miskin dan tidak miskin. Program pengentasan kemiskinan bukan program bagi rata tapi program yang diberikan kepada yang berhak menerima yaitu orang miskin. Jika kita tidak miskin, mari kita mensyukuri nikmat Allah SWT karena jangan sampai adzab Allah akan turun kepada kita gara-gara kita tidak mensyukuri nikmatnya sebagaimana firman Allah SWT.

 Bertindak sebagai Imam dalam sholat Idul Adha Ustadz Muhamad Fadly dan khotib Ustadz Abdul Halil. Pada peringatan Idul Adha ini Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sorsel menyalurkan 24 ekor sapi ke Distrik Teminabuan, Moswaren dan Tarof di Distrik Kokoda. (jus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed