oleh

Polres Gelar Pameran Motor Curanmor

JAYAPURA-Polresta Jayapura menggelar Pameran Barang Bukti Sepeda Motor Hasil Curian, hasil pengungkapkan kasus curanmor di Kota Jayapura sejak 2018 hingga 2019,  sekiitar 590  unit sepeda motor dihadirkan dalam kegiatan yang berlangsung di lapanga karang PTC Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Sabtu, (11/8).

590 unit motor itu terdiri dari 219 unit sitaan Satuan Reskrim Polres Jayapura Kota, 130 unit sitaan Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura Kota, 104 unit sitaan Polsek Abepura, 100 unit sitaan Polsek Jayapura Selatan, 46 unit sitaan Polsek Muara Tami dan 9 unit sitaan Polsek Jayapura Utara.

Kegiatan tersebut mendapat antusias dari masyarakat,  dengan berbondong-bondong mendatangi lokasi kegiatan hal terbukti dari ratusan motor yang dihadrikan oleh Polresta, 45 unit sepeda motor hasil curian dikembalikan kepada pemiliknya, warga yang menemukan sepeda motor miliknya yang hilang bisa langsung membawa pulang dengan menunjukan bukti kepemilikan.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas kepada wartawan,  disela-sela kegiatan tersebut, mengatakan, pengembalian ratusan motor ini dilakukan dalam pelayanan sehari Polresta untuk menyemarakan hari Kemerdekaan Indonesia ke 74.

“Pelayanan dilakukan di lapangan Karang PTc Entrop dengan menggelar ratusan motor temuan jajaran Polresta,” terangnya didampingi Kasubag Humas Polresta Iptu Jahja Rumra.

Dikatakan, ratusan motor  tersebut merupakan hasil berbagai kegiatan kepolisian sejak beberapa tahun terakhir. Misalnya hasil cipta kondisi, razia, pengembangan pelaku kejahatan, temuan patroli hingga penggeledahan di unit asrama mahasiswa dan rusunawa di lingkungan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

258 unit motor dalam kondisi layak pakai, sedangkan 332 unit motor sisanya dalam kondisi rusak maupun proses tilang. Dia memastikan sepeda motor tak layak yang disimpan di Mapolresta dalam kondisi aman dan terjaga.

“Motor yang kami bawa ke lokasi ini adalah yang layak pakai dan mudah dibawa pemiliknya. Sementara motor yang tidak layak atau rusak kami simpan dengan catatan pemilik bisa mengambilnya dengan membawa kendaraan roda empat,”  katanya.

Sementara  itu Kasubag Humas Polresta Iptu Jahja Rumra menambahkan, 38 sepeda motor telah diambil oleh pemiliknya dalam pelayanan sehari Polres Jayapura Kota. “Dari 590 motor, sudah 45 motor yang diambil. Pemilik mengambil langsung dengan membawa bukti kepemilikan kendaraan,” katanya.

Untuk motor yang belum diambil pemiliknya akan ditampung kembali di Mapolres Jayapura Kota. “Kami akan memberikan batas waktu pengambilan di lokasi ini sampai 14 Agustus. Kalau tidak ada yah kami tampung kembali,” jelasnya. 

Salah satunya dua sepeda motor milik Aswin, warga Distrik Abepura. Kedua sepeda motor besar (moge) keluaran merek Honda hilang saat diparkir di teras rumahnya pada awal Desember 2018 dan Januari 2019.

“Tadi awalnya saya dapat motor CB di tengah ratusan motor barang bukti, nah tadi siang saya temukan lagi motor CB R. Saya bersyukur mungkin ini sebuah anugerah jelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia,” ujar Aswin.(al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed